Kampung Bajo Sikeli, Alternatif Wisata Baru Di Pulau Kabaena

Kabena, Fajarbombana.com – Keindahan Pulau Kabaena sebagai salah satu daerah tujuan wisata sudah tidak terbantahkan lagi dengan Desa Wisata Tangkeno sebagai salah satu maskotnya, terlebih saat ini bertambah lagi dengan hadirnya objek wisata baru Kampung Bajo, Kelurahan Sikeli, Kecamatan Kabaena Barat yang siap menjadi alternatif penikmat wisata saat berkunjung ke Pulau Tokotua itu.

Kepada awak media harapansultra.com, Senin (4/01/2020) Lurah sikeli Akbar, S.Sos mengatakan, saat ini kelurahan yang dipimpinnya bersama masyarakat tengah fokus pada peningkatan infrastruktur penunjang wisata Kampung Bajo dengan tujuan agar tempat itu menjadi lebih menarik untuk dikunjungi wisatawan baik lokal maupun wisatawan dari daerah lain.

Ia menjelaskan Kampung Bajo terkenal memiliki banyak kearifan lokal yang dapat ditingkatkan potensinya menjadi destinasi wisata, sebagaimana halnya di daerah lain, Suku Bajo di Sikeli bermukim di atas laut, mereka membentuk komunitas sendiri dan membuat rumah-rumah kayu di atas laut.

“Di perkampungan ini, kita dapat menyaksikan aktifitas kehidupan sehari-hari masyarakat suku Bajo, yang menghabiskan sebagian hidup mereka di laut,” Ujar Akbar.

Pemerintah Kelurahan lanjut Akbar menangkap potensi kearifan lokal Suku Bajo tersebut sebagai peluang dengan menjadikan Kampung Bajo sebagai daerah wisata baru.

Salah satu pengemasan promosi yang dikembangkan untuk menambah daya tarik adalah dengan mendesain adanya spot swafoto yang menarik ditempat tersebut.

“Dengan promosi yang tepat pada segmentasi sasarannya akan berpengaruh pada tingkat kunjungan wisatawan,” Jelasnya.

Akbar menambahkan dengan dilakukannya penataan Kampung Bajo sebagai destinasi wisata baru di pulau Kabaena, ia berharap seiring kunjungan wisatawan lokal dan luar daerah dapat serta merta meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Kita berharap ini dapat meningkatkan ekonomi warga, karena akan ada perputaran ekonomi disana,” Pungkasnya

Laporan : Muh. Adnan

__Posted on
January 4, 2021
__Categories
Kabaena, Regional

Author: Fajar Bombana